“The Other Hemisphere” from de Braga Artotel
Oktober 22, 2018
Fahmindra Yanuar (2 articles)
0 comments

“The Other Hemisphere” from de Braga Artotel

 

 

The Other Hemisphere”

 

Bandung, 10 Oktober 2018 – de Braga by ARTOTEL sebagai hotel pertama dalam kategori Curated Collections yang dioperasikan oleh ARTOTEL Group menyelenggarakan pameran seni pertamanya yang berjudul “The Other Hemisphere”, bekerja sama dengan seniman lokal Kota Bandung, yaitu Restu Taufik Akbar. Pameran seni “The Other Hemisphere” diadakan pada tanggal 10 Pktober 2018 di ARTSPACE, lantai 2 de Braga by ARTOTEL.

Lukisan Restu Taufik Akbar mengingatkan kita pada semak-semak dengan beberapa tanaman dan dedaunan, yang memberi kita pemandangan yang tidak ada dan tidak dapat dikenali. Lukisan pemandangan umumnya merupakan bentuk dokumentasi dari suatu tempat. Faktor tanaman biasanya akan menjadi faktor utama dan hutan menjadi subjek penting.

Dalam masyarakat kota saat ini, isu tentang lingkungan menjadi signifikan. Karya-karya yang berbau lingkungan selalu bisa penyeimbang disaat masyarakat bergerak sangat dinamis menuju Cosmopolitan..

Keberjarakkan, kerinduan, dan kerusakan terhadap alam menjadikan kita untuk selalu mengingat kembali lingkungan alam.

Lukisan-lukisan Restu memberikan suatu proses ‘pencarian’ yang menarik. Untuk Restu sendiri mungkin proses ini bisa jadi pedang bermata dua, pertama bisa saja proses tersebut memberikan kemungkinan yang tidak terhingga atau mungkin terjebak dalam rutinitas pembuatan bentuk semata. Untuk kita yang melihat karya ini ibarat sebuah gerbang untuk memasuki sebuah pengalaman baru dengan mencoba melakukan hal yang paling sederhana dalam melihat lukisan, yaitu melihat untuk merasakan kemudian mengalaminya.

Lukisan Restu justru tidak memberikan gambaran spesifik tentang suatu tempat, tetapi identitas tempat tersebut menjadi suatu yang universal. Warna-warna yang artificial pada lukisannya justru tidak bisa dikaitkan dengan warna yang ada di alam, justru di situ menunjukkan bagaimana Restu mencoba untuk mengkonstruksi realitas. Warna-warna ini justru tidak ingin sebagai penanda yang merujuk ke sebuah informasi bentuk tetapi sebagai satu kesatuan yang membangun suatu nuansa. Demikian sedikit suntingan dari tulisan pengantar pameran “The Other Hemisphere” oleh Zusfa Roihan.

Bapak Anton Susanto, General Manager de Braga by ARTOTEL mengatakan: “de Braga by ARTOTEL hadir sebagai hotel yang memadukan seni kontemporer dan terinspirasi oleh karakter botani khas perkebunan the di Bandung akan mendukung setiap kegiatan seni, pelaku seni dan berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang unik untuk tamunya. de Braga by ARTOTEL dengan bangga mempersembahkan pameran seni “The Other Hemisphere” untuk para pecinta seni, terutama bagi tamu hotel agar menjadi pengalaman yang tidak terlupakan untuk menginap di kawasan legendaris Braga”.

 

 

 

IF YOU WANT TO BE ORIGINAL, BE READY TO BE COPIED”

Mengenai Restu Taufik Akbar

Lahir di Bandung pada tahun 1990, Restu lulus dari Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung, jurusan Seni Lukis dengan Summa Cum Laude. Bentuk lukisannya adalah kombinasi dari pengalaman berinteraksi dengan alam, terutama lanskap hutan, melalui pemahaman batin, dan eksplorasi lukisannya berkembang ke bentuk patung dan instalasi.

Comments

No Comments Yet! You can be first to comment this post!

Write comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *